top of page
  • Writer's picturecold hart

Spirited Away : Anime Masterpiece dari Studio Ghibli


Jika kalian penggemar anime, tentu sudah tidak asing mendengar tentang Studio Ghibli. Ya, Studio Ghibli Inc. (Jepang: Kabushiki-gaisha Sutajio Jiburi) adalah sebuah studio film animasi Jepang yang berkantor pusat di Koganei, Tokyo. Studio ini didirikan pada 15 Juni 1985 oleh sutradara Hayao Miyazaki dan Isao Takahata dan produser Toshio Suzuki Studio ini terkenal karena film animasinya, diantara lain Spirited Away, Howl’s Moving Castle, Ponyo, dll. Nah, diantara sekian banyak animasi yang dirilis studio Ghibli, ada 1 Animasi yang menjadi “Masterpiece of Studio Ghibli”, yaitu Spirited Away.


Spirited Away (千と千尋の神隠し , Sen to Chihiro no Kamikakushi, secara harfiah diterjemahkan sebagai "Sen dan Chihiro's Spiriting Away"), adalah film animasi ke-12 yang ditulis dan disutradarai oleh Hayao Miyazaki dan tayang perdana di bioskop-bioskop di Jepang pada 20 Juli 2001. Ceritanya tentang petualangan seorang gadis muda berusia sepuluh tahun bernama Chihiro saat dia mengembara ke dunia para dewa dan roh. Dia dipaksa bekerja di pemandian setelah orang tuanya diubah menjadi babi oleh penyihir Yubaba.


Spirited Away mungkin sekilas seperti film anime untuk anak-anak pada umumnya. Namun selama 20 tahun terakhir, belum ada film sekelasnya yang secara utuh bisa menandingi capaian garapan Hayao Miyazaki ini. Ketika dirilis 20 Juli 2001, Spirited Away berhasil menorehkan sejarah yang belum pernah -dan belum digoyang- oleh karya anime mana pun di dunia. Spirited Away menerima beberapa penghargaan internasional, termasuk Penghargaan Beruang Emas di Festival Film Internasional Berlin ke-52 dan Oscar kedua yang pernah dianugerahkan untuk Fitur Animasi Terbaik, film anime pertama yang memenangkan Academy Award, dan satu-satunya pemenang penghargaan itu yang menang di antara lima calon.


Film ini berhasil menuai kesuksesan secara komersil dan memegang film terlaris dalam sejarah perfilman Jepang dengan capaian box office sebesar US$395,8 juta dari budget sebesar US$19,2 juta. Rekor tersebut dipegang Spirited Away selama 19 tahun hingga kemudian film anime Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba the Movie: Mugen Train merebutnya pada 2020.

Pada tahun 2016, Spirited Away memenangkan tempat pertama dalam jajak pendapat umum Studio Ghibli untuk diputar ulang di lima bioskop di seluruh Jepang selama tujuh hari dari 10 hingga 16 September 2016. Kemudian Studio Ghibli melakukan pemutaran ulang animasi-animasi Ghibli lainnya diberbagai negara Asia. Pada tahun 2021, tersiar kabar bahwa Spirited Away akan diadaptasi menjadi drama panggung oleh John Caird, yang dibintangi oleh Kanna Hashimoto dan Mone Kamishiraishi dan diproduksi oleh Toho dan akan debut pada 2022. Wah, sepertinya akan menjadi film yang menarik ya. Para fans Studio Ghibli pasti sudah tidak sabar untuk menontonnya tahun depan.


Kisah tentang Chihiro dan Haku layaknya seorang Putri dan Pangeran. Chihiro sebagai Putri nya yang berusaha menyelamatkan orangtuanya yang terkutuk menjadi babi, sedangkan Haku sebagai Pangerannya yang menolong Chihiro untuk memenuhi keinginannya. Kisah Spirited Away sendiri mirip dengan games yang sedang saya mainkan, Memories Interactive. Memories Interactive adalah platform game bertema Otome games yang bisa kamu mainkan gratis, dengan mendownload disini untuk iOS atau disini untuk Android.


4 views0 comments
bottom of page